Tuesday, October 30, 2012

PKM-K LOLOS PENDANAAN


A.      JUDUL
Batik Evolution”  Trend Baru Generasi Muda

B.       LATAR BELAKANG
Indonesia merupakan negara yang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan, mulai dari kekayaan alam yang melimpah sampai keanekaragaman budaya.  Namun potensi tersebut tidak dikembangkan secara maksimal, sehingga menjadi terbengkalai. Salah satunya adalah budaya, masyarakat indonesia kurang antusias dalam mengembangkan budayanya. Padahal budaya tersebut merupakan jatidiri suatu bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan. Banyaknya budaya asing yang masuk menyebabkan budaya lokal semakin tenggelam kalau tidak ada penanganan serius oleh pemerintah.
Salah satu budaya yang harus tetap di lestarikan adalah batik. Batik merupakan produk asli Indonesia yang telah ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Hal ini yang membuat produk batik lebih berkembang dan dijaga kelestariannya, mulai dari didirikannya sekolah kursus batik hingga menjamurnya usaha berbasis batik. Namun, hal tersebut masih belum mampu untuk menangani masalah terkikisnya budaya batik, dikarenakan generasi muda kurang antusias dalam melestarikannya. Era globalisasi membuat budaya-budaya asing masuk dan cepat bekembang di Indonesia bahkan mengalahkan budaya lokal. Oleh karena itu, budaya asing perlu diwaspadai, apalagi pemuda saat ini lebih menyukai budaya luar dari pada lokal. Permasalahan tersebut juga menyerang budaya Indonesia terutama batik, pemuda saat ini kurang menyukai batik, hal ini dikarenakan saat ini desain pakaian batik kurang menarik dibandingkan dengan pakaian kaum muda. Selain itu, batik hanya digunakan dalam acara formal, sehingga kaum muda kurang antusias untuk menjadikan trend pakaian sehari-hari. Batik seharusnya mampu dijaga oleh generasi muda, karena batik merupakan identitas bangsa indonesia yang patut dibanggakan.
Kami melihat suatu peluang bisnis yang memiliki prospek bagus dengan membuat usaha dari batik, yaitu dengan mendesain batik menjadi lebih modern sehingga batik menjadi trend untuk dipakai sehari-hari. Sasaran pemasaran kami adalah para generasi muda, karena dengan mendesain batik mengikuti trend saat ini pemuda akan lebih tertarik dengan batik. Beberapa produk yang direncanakan antara lain kaos, topi, dan ikat pinggang yang bermotif batik. Produk yang akan kami buat tersebut masih jarang di pasaran, sehingga peluang bisnis ini sangat besar untuk berkembang, Dengan adanya bisnis ini diharapkan masyarakat khususnya generasi muda akan lebih mencintai batik.

C.   RUMUSAN MASALAH
1.  Bagaimana pembuatan desain dan produk “Batik Evolution” yang berbasis budaya dapat diterima masyarakat?
2.  Bagaimana  metode pemasaran produk “Batik Evolution” yang dapat menarik daya beli konsumen?
3.  Bagaimana cara agar usaha “Batik Evolution” ini tetap kontinyu dan lebih berkembang?

D.   TUJUAN
1.  Mengetahui pembuatan desain dan produk “Batik Evolution” yang berbasis budaya dapat diterima masyarakat.
2.  Mengetahui metode pemasaran produk “Batik Evolution” yang dapat menarik daya beli konsumen.
3.  Mengetahui cara agar usaha “Batik Evolution” ini tetap kontinyu dan berkembang.



E.   LUARAN YANG DIHARAPKAN
 Usaha Batik Evolution” ini  dapat dijadikan sebagai unit usaha kreatif dan mandiri serta memberikan keuntungan yang nyata terhadap kegiatan kewirausahaan. Sasaran pemasaran dari kegiatan ini adalah membuat anak muda saat ini lebih tertarik dengan batik, sehingga kelestarian produk batik lebih terjaga. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat berkembang dan dipasarkan tidak hanya di Indonesia  melainkan  diluar Indonesia.

F.       KEGUNAAN PROGRAM
Program Kewirausahaan ini dapat bermanfaat untuk:
1.    Menumbuhkan rasa nasionalisme untuk mencintai budaya batik pada masyarakat khususnya generasi muda.
2.    Menciptakan lapangan pekerjaan baru baik bagi masyarakat sehingga dapat mengurangi pengangguran.
3.    Membuat Produk Batik lebih dikenal masyarakat luas termasuk masyarakat luar Indonesia.

G.      GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
G.1 Gambaran Usaha
Dalam membuka suatu usaha tentu  banyak hal yang harus direncanakan oleh pelaku usaha,  hal-hal yang harus diperhatikan yaitu 4P ( product, price, place, promotion)
1.    Produk
Ditinjau dari segi produk (product), “Batik Evolution” merupakan bisnis yang baru atau belum banyak dipasarkan ke masyarakat. Sedangkan produk yang dijual terutama kaos, topi, dan ikat pinggang yang bermotif batik merupakan produk unggulan.
Bahan yang digunakan adalah batik tulis yang merupakan salah satu budaya kebanggaan masyarakat Indonesia apalagi di dalam batik itu sendiri terdapat nilai seninya.
2.    Harga
Harga (price) produk dalam suatu usaha menjadi pertimbangan yang penting dalam setiap proses jual beli. Masing-masing produk “Batik Evolution” memilki spesifikasi harga  yang berbeda, harga produk terlampir
3.    Lokasi
Sebelum suatu usaha memulai operasinya maka terlebih dahulu perlu ditentukan lokasinya baik lokasi produksi maupun pemasarannya. Lokasi (place) merupakan faktor penting dalam menunjang kesuksesan usaha. Lokasi pembuatan Produk-produk “Batik Evolution”  dilakukan di Malang dan Surabaya karena tempat ini sangat strategis dalam menunjang proses usaha. Sedangkan untuk lokasi pasar dilakukan di kota-kota besar Indonesia khususnya di tempat wisata.
4.    Promosi
Suatu produk tidak akan terjual dengan baik apabila tidak dilakukan promosi (promotion) secara intensif dan berkesinambungan melalui pembuatan pamflet dan  leaflet. Selain itu, kami juga akan mempromosikan secara online agar banyak khalayak umum yang mengerti dan mengenal produk-produk  usaha ”Batik Evolution” melalui jaringan facebook serta pembuatan blog.
G.2 Analisa Usaha
Variable Cost       : 4.150.000,- + 840.000,- + 283.000,-
                              = Rp 5.273.000,-
Fix Cost                : Rp 3.974.000,-
Total Biaya          = VC + FC
                              = 5.273.000,- + 3.974.000,-
                              = Rp 9.247.000,-
HPP                      = Total biaya/jumlah produk
                              = 9.247.000/142
                              = Rp 65.119,-
Laba@unit           = Harga jual @unit-HPP@unit
                              = 75.000-65.119,-
                              = Rp 9.881,-
Laba 142 unit      = Laba @unit x 142
= 7.097x 142
= Rp 1.403.102,-
Total Penerimaan= Harga jual @unit x 142
= 75.000 x 142
= Rp 10.650.000,-
VC @unit             = Variabel Cost / 142
= 5.273.000 / 142
= Rp 37.133,-
BEP (unit)            = Fix Cost / (Harga Jual – biaya variable @unit)
= 3.974.000 / (75.000 – 37.133)
= 104 produk
BEP (Rp)             = Fix Cost / (1- (Variable Cost @unit / harga jual @unit))
= 3.974.000 (1-(37.133/75.000))
= Rp 7.870.967,-
Perhitungan Efisiensi Usaha
R/C Rasio             = Total Penerimaan / Total Biaya Produksi
                              = Rp 9.247.000,- / Rp 5.273.000,-
                              = 1,75
= (R/C > 1 : maka usaha efisien dan menguntungkan)



H.   METODE PELAKSANAAN
Persiapan produksi
 

                                                                   
Pelaksanaan produksi
                 
Pemasaran produk
Evaluasi kegiatan
Pembuatan laporan
 







1.    Tahapan Persiapan Produksi
Sebelum masuk dalam tahap produksi terdapat beberapa persiapan-persiapan yang harus dilakukan untuk menciptakan sistem produksi yang efektif dan efisien serta mampu mempertahankan mutu produk secara optimal. Persiapan-persiapan tersebut antara lain:
·         Survey pasar
Survey pasar dilakukan untuk mencari tempat pemesanan bahan baku yang paling baik dan bisa mensuplai bahan baku secara kontinyu dengan standar kualitas yang sesuai dengan permintaan. Dalam kegiatan ini juga dilakukan analisa terhadap tempat-tempat potensial untuk pemasaran hasil produksi.


·         Pembuatan desain produk
Pembuatan desain produk dilakukan untuk mendapatkan produk akhir yang sesuai dengan keinginan konsumen. Desain produk dilakukan dengan menggunakan software CorelDraw dan Photoshop.
·         Pembelian alat-alat pendukung
Dilakukan pembeliaan alat-alat yang akan digunakan sebagai penunjang terlaksananya kegiatan usaha. Alat yang dibutuhkan untuk menunjang usaha “Batik Evolotion” antara lain: Gunting, hanger, rak gantung kayu, penggaris dan alat penjahit.
·         Pemesanan bahan baku
Pemesanan bahan baku dilakukan setelah melakukan survey pasar dan dilakukan secara kontinyu sesuai dengan jadwal produksi serta memiliki spesifikasi yang sesuai dengan standar kualitas permintaan.
2.    Tahap Produksi
Untuk tahap produksi, semua produk hasil dari “Batik Evolution” sangat sederhana, yaitu persiapan Bahan dan Desain kemudian di jahit menggunakan mesin jahit. Selain itu usaha ini bekerja sama dengan TAILOR ADVERTISE yang bergerak dalam bidang konveksi.
3.    Tahap Pemasaran
Pemasaran dilakukan secara bertahap mulai dari area pemasaran yang lebih sempit hingga pemasaran yang lebih luas. Untuk tahap awal daerah pemasaran yaitu di kota Malang dan Surabaya, karena ditempat tersebut sangat potensial melihat banyaknya pendatang dari berbagai daerah dan merupakan kota besar di Jawa Timur. Perluasan area pemasaran akan dilakukan apabila tahap pertama sesuai dengan target yang ditentukan dan terjadi peningkatan kapasitas produksi.
4.    Evaluasi Kegiatan
Evaluasi kegiatan mencakup tiga aspek target evaluasi, yaitu sistem produksi, produk dan pemasaran. Evaluasi pada sistem produksi bertujuan untuk menciptakan sistem produksi yang paling efektif dan efisien, dilakukan pada setiap minggu.Evaluasi produk dilakukan untuk menghasilkan produk dengan desain-desain yang lebih beragam dan inofatif. Evaluasi pemasaran dilakukan untuk mengetahui tercapai tidaknya target-target penjualan agar usaha ini sesuai dengan BEP yang telah dicanangkan.



I.         JADWAL KEGIATAN
Kegiatan
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
Bulan 4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Riset pasar
















Pembuatan desain produk
















Pemesanan bahan baku
















Pelaksanaan produksi
















Pelaksanaan Pemasaran
















Pembuatan Laporan akhir























J.    RANCANGAN BIAYA
1.      Bahan Habis Pakai
Jenis Bahan
Harga Satuan
Kebutuhan/bulan
Jumlah
1.      Kain batik sedang
2.      Kain kaos (katun)
3.      Ikat pinggang
4.      Bahan topi
Rp 85.000,-/meter
Rp 90.000,-/kg
Rp 25.000,-/biji
Rp 20.000,-/biji
15
15
25
45
Rp  1.275.000,-
Rp  1.350.000,-
Rp     625.000,-
Rp     900.000,-
TOTAL
Rp  4.150.000,-

2.      Peralatan Penunjang
Jenis
Harga Satuan
Kb/
thn
Jumlah
1.      Hanger baju
2.      Rak gantungan kayu
3.      Sewa tempat usaha
4.      Alat jahit
5.      Gunting
6.      Penggaris panjang
7.      Meteran
Rp        1.500,-
Rp    200.000,-
Rp 1.500.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp      10.000,-
Rp         3000,-
Rp         7000,-
36
2
1
1
2
Rp      54.000,-
Rp    400.000,-
Rp 1.500.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp      20.000,-
TOTAL
Rp 3.974.000,-

3.      Perjalanan
Jenis
Biaya satuan
Kebutuhan
Jumlah
Transportasi bahan baku
Transpostasi penjualan
Rp.   60.000/bulan
Rp. 150.000/bulan
4 bulan
4 bulan
Rp.  240.000,-
Rp   600.000,-
TOTAL
Rp   840.000,-

4.      Pembuatan Laporan
Jenis
Biaya satuan
Kebutuhan
Jumlah
1. Biaya pengetikan
Rp. 800/jam
100 jam
Rp.   80.000,-
2. Kertas A4 70 gram
Rp. 31.500/rim
2 rim
Rp.   63.000,-
3. Tinta
Rp. 30.000/kotak
1 kotak
Rp.   30.000,-
3. Penjilidan laporan
Rp. 5.000/jilid
12  jilid
Rp.   60.000,-
4. Dokumentasi kegiatan
Rp. 50.000

Rp.   50.000,-
TOTAL
Rp. 283.000,-

REKAPITULASI BIAYA
Jenis
Jumlah
1. Bahan produksi
Rp 4.150.000,-
2. Peralatan penunjang
Rp 3.974.000,-
3. Transportasi
Rp   840.000,-
4. Pembuatan laporan
Rp.  283.000,-
TOTAL
Rp 9.247.000,-









K.   LAMPIRAN
       1.Biodata Ketua  dan Anggota Kelompok
·         Biodata Ketua Kelompok
Identitas Pribadi
Nama                                : Moh. Zakiy Fiddin
NIM                                 : 105100200111011
Tempat/Tgl.Lahir             : Gresik, 12 Oktober 1992
Agama                              : Islam
Alamat di Malang            : Jl. Kertorahayu No. 63, Malang
No. Telp / HP                   : 085732228281
Pendidikan Formal    :
·            MI Taswirul Afkar, Gresik
·            MTS Tarbiyatut Tholabah, Lamongan
·            MA Al-karimi, Gresik
·            Teknologi Industri Pertanian, Universitas Brawijaya( sampai sekarang)

Malang, 13 Oktober 2011


                                                                                                          (Moh. Zakiy Fiddin)




·         Biodata Anggota Kelompok 1
Identitas Pribadi
Nama                                       : Saiful Imron
NIM                                        : 105100213111004
Tempat, tanggal lahir               : Bondowoso, 29 Desember 1991
Alamat asal                             : Ds. Leprak 02, Kec. Klabang – Bondowoso
Alamat Malang                       : Jln. Kerto Rahayu No. 63 – Ketawang Gede. Malang
Pendidikan Formal                  :
1.      SDN Leprak 2 , Klabang – Bondowoso
2.      SMP Terbuka 1 kendit, Situbondo
3.      SMKN 1 Klabang, Bondowoso
4.      Keteknikan Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian
Universitas Brawijaya (sampai sekarang)

Malang, 13 Oktober 2011


                                                                                                       (Saiful Imron)






·         Biodata Anggota Kelompok 2
Identitas Pribadi
Nama                                  : Ristu Adi Prasetyo
NIM                                    : 105100200111025
Tempat/Tgl.Lahir                : Mojokerto 16 Januari 1991
Agama                                : Islam
Alamat di Malang               : Jl. Kertoasri No.73, Malang
No. Telp / HP                     : 08977980669
Pendidikan Formal     
·      TK Dharma Wanita Kendalbulur Tulungagung
·      SDN II Kendalbulur Tulungagung
·      SMPN 2 Tulungagung
·      SMKN 1 Tulungagung
·      Keteknikan Pertanian, Universitas Brawijaya (sampai sekarang)
Malang, 13 Oktober 2011


(Ristu Adi Prasetyo)

·         Biodata Anggota Kelompok 3
Identitas Pribadi
Nama                                  : Tia Dwi Irawandani
NIM                                    : 115100913111005
Tempat/Tgl.Lahir                : Pasuruan, 03 Oktober 1993
Agama                                     : Islam
Alamat di Malang               : Jl. Mt Haryono, Malang
No. Telp / HP                     : 081937160715
Malang, 13 Oktober 2011



(Tia Dwi Irawandani)

2. Biodata dosen pendamping
1.  Nama Lengkap dan Gelar              : Dewi Maya Maharani, STP., M.Sc
2.  Golongan Pangkat dan NIP           :-     
3.  Jabatan Fungsional                          : -
4.  Jabatan Struktural                           : -
5.  Fakultas/Program Studi                  : Tekn. Pertanian / Keteknikan Pertanian
6.  Perguruan Tinggi                                         : Universitas Brawijaya
7.  Bidang Keahlian                                             :Teknologi Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian
8.  Waktu untuk Kegiatan PKM                    : 5 jam/ minggu
Malang, 13 Oktober 2011
Dosen Pembimbing


Dewi Maya Maharani, STP., M.Sc
Desain Produk / Contoh Batik Evolution                                   - Topi Batik: Rp. 35.000,-                                                                - Ikat Pinggang Batik: Rp. 25.000,-

           -Kaos Batik: Rp. 50.000,-

No comments:

Post a Comment